Menemukan Indonesia x Wajah-Wajah Malaka


Wajah-Wajah Malaka
Wajah-Wajah Malaka

Oleh: Mahfud Achyar

Petang lalu, aku memotret wajah orang-orang Malaka. Kala itu, matahari sudah berkemas. Ia berdiri dengan satu koper berukuran besar. Katanya, “Aku akan pulang ke peraduan.” Sementara di atas sana, bulan sudah siap sedia menggantikan posisi matahari. Berjaga menyinari anak manusia.

Petang itu terasa hangat. Menjelang pulang, matahari memendarkan cahaya oranye yang terasa lembut. Petang, selalu menjadi momen terbaik untuk berkumpul dengan orang-orang yang hangat hatinya.

Ketika lensa mulai membidik wajah orang-orang Malaka, mataku menerawang hingga tembus ke bola mata mereka. Kata orang, mata adalah jendela jiwa. Pada mata, kita akan temukan berjuta-juta cerita yang berharga untuk didengarkan. Tentang kebahagiaan, kepahitan, dan kepelikan. Semua terpancar jelas tanpa ada yang harus ditutupi. Takperlu banyak kata untuk mencurahkan rasa.

Petang itu, orang-orang Malaka bercerita kepadaku melalui mata. Mungkinkah mereka juga menangkap cerita tentangku melalui sorot mata yang sendu?

Kabupaten Malaka merupakan salah satu provinsi di Nusa Tenggara Timur. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan negara Timor Leste. Pada 30 Oktober hingga 2 November 2017 kemarin, saya berkesempatan berkunjung ke dua desa di kabupaten Malaka, yaitu desa Barada dan desa Alas Selatan. Kondisi di sana cukup memprihatinkan. Desa Barada misalnya, di sana listrik belum masuk, sumber mata air sangat terbatas, jalan menuju desa rusak parah, masyarakat di sana banyak yang kelaparan, serta sarana dan prasarana lainnya benar-benar minim. Hal serupa juga dialami desa Alas Selatan. Banyak fasilitas publik yang rusak. Rata-rata, mereka hidup di bawah garis kemiskinan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s