Rindu di Masa Lalu


Past…. (Image Source: http://blog.stockspot.com.au)

Malam kian larut. Orang-orang telah pergi menjelajah jauh ke dimensi-dimensi yang takdapat dilacak oleh radar berteknologi tinggi. Sementara aku, masih saja terbangun lantaran sepasang mata ini sulit sekali diajak kompromi. Ada banyak potongan episode kehidupan yang melintas di benakku. Hal itu jelas mengusik rasa nyamanku. Entahlah, beberapa kejadian masa lalu tiba-tiba muncul lagi. Masa kecilku, tempat yang pernah aku datangi, tempat bermain, serta orang-orang yang pernah dekat denganku. Semua itu seolah menjadi kisah balik yang sulit sekali dienyahkan.

Semuanya seakan nyata. Terlihat dengan sangat jelas dan detil. Seakan bergerak. Memaksaku untuk kembali memasuki ruang itu. Namun dimensinya berbeda. Aku tidak ingin larut dalam bayangan-bayangan itu. Hanya membuatku lemah. Tapi mau bagaimana lagi, malam ini telah menyeret paksa diriku untuk hadir lagi pada masa-masa itu.

Apalah ini namanya. Sulit juga untuk menerjemahkannya. Namun ada satu hal yang membuat dadaku sesak. Aku rindu. Rindu dengan masa-masa indah yang pernah kulewati. Rindu dengan orang-orang hebat yang pernah dekat denganku. Semakin lama, aku pun semakin jauh memasuki dimensi indah itu. Ingin sekali rasanya bertahan. Enggan menyapa kondisi sekarang yang seolah terasa berbeda. Pada akhirnya pun aku takluk. Bernyanyi, bercengkrama dengan waktu yang seakan tidak pernah membisu.

Kondisi semacam ini bukan kali pertama aku alami. Berulang kali aku meyakinkan diri bahwa ini hanyalah sebuah perjalanan yang tidak nyata. Aku harus menyudahi. Tapi rasanya sulit sekali. Ingin berteriak bahwa aku ingin lepas dari rayuan masa lalu. Namun ia seakan takmau pergi. Memang pada hakikatnya semua yang terjadi di masa lalu dan masa sekarang jelas berbeda. Aku harus paham dengan keniscayaan itu.

Akan tetapi, biarkan aku mengenang. Jika dengan begitu membuatku jauh lebih baik. Tidak masalah jika hal itu akan hanya akan menambah ketidakberterimaan. Biarlah, biarkan aku mengenang. Setelah aku penat dengan masa kini yang menjemukan, aku ingin ia mengajakku mengelilingi keabadian hingga malam ini cepat berakhir.

Ps: Tulisan lama yang hanya mengendap di salah satu folder di laptop pada tanggal 10 Januari 2012.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s