‘WARDAH’ Kampanyekan Tiga Konsep Cantik!


Nurhayati Subakat
Nurhayati Subakat

Nurhayati Subakat, istri dari Subakat Hadi dan ibu dari tiga anak ini lahir di Padang PanjangSumatera Barat, 64 tahun yang lalu. Ia adalah seorang pengusaha kosmetik asal Indonesia. Yang mendirikan PT Pusaka Tradisi Ibu, yang mengelola merek kosmetik muslimah Wardah dan Zahra. Nurhayati merupakan putri kedua dari delapan bersaudara yang berasal dari Minangkabau. Ia menghabiskan masa kecilnya di kota kelahiran, Padang Panjang. Kemudian ia merantau ke tanah jawa guna melanjutkan pendidikannya di Jurusan Farmasi, Institut Teknologi Bandung.

Nurhayati memulai kariernya sebagai apoteker di Rumah Sakit Umum Padang. Kemudian ia pindah ke Jakarta dan bekerja di perusahaan kosmetik Wella, sebagai staf quality control. Dari situlah ia mencoba berinsiatif untuk berbisnis sendiri. Pada tahun 1985, ia memulai usahanya dari industri rumahan dengan memproduksi sampo bermerek Putri. Sukses membesut produk pertama, ia mendirikan pabrik di Cibodas dan Tangerang. Selain sampo, kini produk-produknya juga mencakup perawatan kulit, perlengkapan make-up, hingga produk bayi. “Latar belakang saya di bidang farmasi tentu sangat mendukung dengan bidang bisnis yang saya jalankan saat ini. Karena dengan dasar ilmu yang memadai, kami bisa membuat produk kosmetik sesuai dengan standar CPKB/GMP (Good Manufacturing Practice) dan bisa menghasilkan produk yang aman digunakan. Tidak asal meracik saja,” ungkap Nurhayati.

Di Indonesia dengan mayoritas penduduk beragama Islam, kemunculan produk kosmetik untuk Muslimah dan bersertifikat halal menjadi salah satu alternatif yang sangat solutif. Namun produk Wardah tidak mengkhususkan diri hanya dipakai untuk wanita Muslimah saja karena sekarang pengguna Wardah sangat universal dan berasal dari kalangan manapun.

Di awal-awal membangun brand Wardah, Nurhayati mengatakan bahwa perlu usaha yang sangat keras. Namu pada akhirnya Wardah meyakini  bahwa kualitas di atas segalanya. Ketika orang puas dengan produk Wardah, informasi tersebut akan menyebar sebagai rekomendasi dari mulut ke mulut. Selain aktivitas promosi seperti memasang iklan, Wardah memutuskan untuk mengambil brand positioning yang saat itu belum populer sama sekali, yakni kosmetik untuk Muslimah dengan label halal.

Pada tahun 2002 hingga 2009, Wardah melakukan inovasi dalam hal branding, mulai dari menyusun portfolio brand agar Wardah tampil modern dan universal seperti membuat iklan tvc, dan meluncurkan campaign-campaign yang segar seperti “Travel In Style” yang akhirnya booming dan mengukuhkan Wardah sebagai brand kosmetik yang inspiratif. “Kami juga mengaktifkan media digital dan social media yang saat ini sangat populer. Alhamdulillah, kami memiliki basis konsumen loyal yang tinggi. Dalam kurun waktu 2 tahun terakhir ini, kami juga cukup intens mengkampanyekan Earth, Love, Life dan True Colors sebagai umbrella campaign dari seluruh aktivitas brand Wardah,” jelas Nurhayati.

Banyak hal yang dilakukan Wardah untuk membesarkan brand di kalangan masyarakat umum, di antaranya memilih inspiring Brand Ambassador, ikut berpartisipasi di event-event besar dan menjadi sponsor official make up pada acara-acara televisi ternama dan mendukung berbagai aktivitas sosial melalui program CSR (Corporate Social Responsibility). “Memang butuh waktu supaya Wardah dapat dilirik orang, namun dengan positioning brand yang pas dan tepat kepada wanita Indonesia sekarang,” imbuh Nurhayati.

Pada awal-awal launching, kosmetik dengan label halal yang menggunakan atribut wanita berkerudung menjadi hal yang belum populer, terlebih banyak kompetitor dan brand luar negeri yang menggunakan model tidak berjilbab. “Seiring dengan berjalannya waktu dan edukasi yg takhenti-hentinya kami lakukan kepada konsumen, akhirnya konsep Halal justru saat ini yang dicari, karena menurut survei yang kami baca, halal diidentik dengan rasa aman dan kenyamanan sehingga atribut halal menjadi hal yang dipertimbangkan dan memiliki keunggulan,” terang Nurhayati.

Berbagai penghargaan sudah banyak diterima oleh Wardah di antaranya adalah Top Brand Award 2014 dan 2015; Indonesia Most Favourite Woman Brand 2014; ICSA 2014; Superbrand 2014;  Nurhayati juga mendapatkan penghargaan “People of the Year 2015” sebagai Most Innovative Company; dan Anugerah Kepemimpinan Perempuan Indonesia.

Hampir sama dengan brand-brand lain yang sukses dan berhasil di pasaran terlebih dulu, Wardah bisa menerapkan marketing mix dengan sangat baik dengan menempatkan brand dan positioning yang pas dengan wanita Indonesia sekarang. Wardah dinilai sebagai kosmetik yang meaningful, inspiring, dan mengusung nilai-nilai positif. Faktor utama lainnya yaitu kualitas produk yang bagus (great product), harga yang sesuai (value for money), cocok untuk kulit wanita Indonesia, dan inovasi terus menerus. Wardah adalah salah satu brand yang sangat produktif dan cukup rajin mengeluarkan produk atau campaign terbaru sehingga konsumen merasa senang dan tidak bosan.

Wardah mengusung tiga konsep cantik yang tidak dimiliki oleh brand lain. Tiga konsep tersebut yakni Pure and Safe, artinya Wardah dibuat dari bahan-bahan berkualitas dan aman. Beauty Expert, artinya Wardah diciptakan untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan wanita akan sebuah produk kosmetik. Produk Wardah bisa digunakan untuk berbagai suasana. Mulai make-up harian yang simpel, hingga make-up untuk momen spesial seperti wisuda dan pernikahan. Inspiring Beauty, artinya Wardah meyakini bahwa kecantikan bukanlah hanya yang tampak dari luar, tapi juga harus dari hati. Wardah ingin semua wanita yang menggunakan Wardah bisa menjadi inspirasi bagi orang-orang dan komunitas di sekitarnya. “Harapan kami bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan image brand Wardah di mata konsumen. Wardah menjadi brand Indonesia nomor wahid saat ini.  Hal yang belum dicapai, kami ingin brand Wardah bisa lebih go international lagi,” tutupnya. [Mahfud Achyar & Rini Aprilia]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s