Tentang Keyakinan


Source: http://i.huffpost.com/
Source: http://i.huffpost.com/

Kemarin, 5 April 2015, salah seorang teman saya mengirimkan pesan melalui WhatsApp. Dia menanyakan pendapat saya, apakah sebaiknya kita sebagai seorang Muslim turut mengucapkan Happy Easter kepada teman kita yang Christian?

Jawaban saya: sebagai pribadi yang berada di lingkungan yang heterogen, tentunya kerap kali kita dihadapkan pada persolan dilematis yang menyangkut hubungan horizontal: hubungan sesama manusia dan hubungan antar umat beragama. Namun, kadang kita juga sering lupa memberikan batas mana sikap yang menujukkan toleransi, mana pula yang menunjukkan hal yang prinsipil bagi kita.

Sejauh ini, saya berteman baik dengan siapa pun: tanpa membedakan agama, suku, ras, atau pun kelas sosial. Satu prinsip yang hingga saat ini saya pegang adalah, saya ingin menjadi sahabat baik untuk siapa pun. Tidak terkecuali bagi sahabat yang berbeda keyakinan. Sikap toleransi sebetulnya tidak hanya dilihat dari seberapa sering kita mengucapkan selamat pada hari-hari besar yang dirayakan oleh sahabat kita yang berbeda keyakinan. Lebih dari itu, sikap toleransi yang utama adalah, kita memberi kenyamanan bagi mereka untuk menjalankan ibadah mereka. Selain itu, kita juga menghargai keyakinan mereka dan tidak memaksakan agama kita kepada mereka. Sebab Allah berpesan, tidak ada paksaan dalam beragama.

Apabila datang hari-hari besar, biasanya saya mengucapkan ucapan yang bersifat lebih umum. Misalnya, “Selamat liburan teman! Semoga hari-hari ke depan menyenangkan!”

Intinya, sebagai seorang Muslim, tugas utama kita adalah menjadi agen Muslim yang baik. Menghargai siapa pun dan bersikap baik pada siapa pun. Kita adalah cerminan agama kita. Hingga saat ini pun saya jauh dari agen Muslim yang baik. Saya akan terus mencoba. Semoga. Semoga saya bisa. Sulit? Sangat.

Leave a Reply

