Seperti Apa Kematian Kita?


Tahukah Anda siapa yg akan menangisi setelah kematianmu? Allah berfirman ketika menghancurkan firaun, “Maka langit dan bumi tidak menangisi mereka dan tidaklah mereka diberi tangguh.”

Sesungguhnya seorang bertanya pada ibnu Abbas bagaimana pendapatmu tentang ayat ini, apakah langit dan bumi menangisi seseorang? Beliau radiallahu anhu berkata, “Ya, tidaklah seorang makhluk kecuali memiliki pintu di langit darinya turun rizqinya dan melaluinya naik amalnya.” Maka apabila seorang mukmin meninggal maka ditutuplah pintunya di langit tempat naiknya amal dan turunnya rizqinya, maka sungguh langit menangisinya. Begitu juga tempat shalatnya di bumi bila kehilangan dirinya di mana ia dia shalat dan berzikir pd Allah bumi menangisinya.

Ibnu Abbas berkata, “Sesungguhnya bumi menangisi seorang mukmin 40 hari pagi! Aku berkata padanya: apakah bumi menangis?” 

Beliau berkata, “Apakah engkau merasa heran? Bagaimana bumi tidak menangis pada seorang hamba yang memakmurkannya dengan ruku dan sujud. Bagaimana langit tidak menangisi seorang hamba karena takbir dan tasbihnya padanya bagaikan dengungan lebah. Begitulah engkau makmurkan ramaikan tempatmu kamarmu dengan shalat, dzikir, tilawah Alquran maka ia akan menangisimu ketika engkau berpisah dengannya cepat atau lambat. Rumahmu kamarmu akan kehilangan dirimu di mana engkau bernaung bertahun-tahun, ia akan kehilanganmu cepat atau Lambat. Wallahu ‘alam. (Sumber: dari email)

2 thoughts on “Seperti Apa Kematian Kita?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s