Apa saja yang harus dipersiapkan menyambut RAMADHAN?


Tidak lama lagi, umat Islam di seluruh dunia bersiap-siap menyambut kedatangan bulan penuh barokah yakni bulan Ramadhan. Betapa tidak, di bulan Ramadhan, Allah melipatgandakan segala kebajikan yang dilakukan oleh umat Islam. Amalan sunnah yang dikerjakan di bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala sama halnya dengan amalan wajib yang dilakukan pada hari-hari biasa. Sementara, amalan wajib akan diberi pahala berlipat-lipat ganda. Maka takheran jika milyaran umat Muslim di dunia; tidak memandang asal negara, suku, usia, dan warna kulit menanti bulan Ramadhan dengan penuh suka cita. Siapa pun tentu sangat bersemangat menyambut bulan suci yang datang hanya satu kali dalam setahun.

Ramadhan. Sumber: Internet
Ramadhan. Sumber: Internet

Berbagai persiapan pun dilakukan guna menyambut bulan suci Ramadhan, baik persiapan jasadiyah, fikriyah, dan ruhiyah. Persiapan jasadiyah dengan menjaga kesehatan tubuh seperti olahraga secara rutin, mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan, dan istirahat dengan cukup. Persiapan fikriyah dilakukan dengan cara banyak membaca buku dan informasi berkaitan dengan ibadah shaum, fikih zakat, membaca sirrah nabawiyah, membaca tafsir, dan mengikuti kajian agama. Sementara persiapan ruhiyah dengan cara membiasakan diri puasa sunnah seperti puasa Ayyamul Bidh, puasa Senin-Kamis, dan puasa Nabi Daud. Hal tersebut sangat baik dilakukan untuk melatih kesiapan mental seseorang menjelang ibadah shaum selama satu bulan di bulan Ramadhan. Persiapan ruhiyah lainnya yaitu dengan cara memperbanyak ibadah seperti sholat Qiyamulail, sholat Duha, tilawah, menghafal Al-Qur’an, dan amalan sunnah lainya.

Kemudian yang tidak kalah penting adalah berdoa kepada Allah, meminta ampun atas segala dosa dan kesalahan yang sudah kita perbuat selama ini. Kita pun berniat dari hati yang paling dalam, jika usia kita masih panjang dan diberi kesempatan untuk berjumpa dengan Ramadhan, kita berjanji kita tidak akan menyia-nyiakan bulan suci Ramadhan.

Habluminallahu sudah kita lakukan. Selanjutnya jangan lupa untuk memperbaiki hubungan kita dengan sesama manusia. Barangkali selama berinteraksi dengan keluarga, sahabat, rekan kerja, dan orang lain kerap kali ada pertikaian, perselisihan, dan perdebatan yang membuat hubungan baik menjadi renggang. Maka alangkah baiknya jika kita memulai untuk kembali merajut tali silaturrahim dengan orang-orang yang mungkin pernah kita sakiti, dan memaafkan orang yang pernah menyakiti kita.

Kata orang bijak, “Hendaklah kita seperti seorang musafir di padang gurun yang luas. Musafir tersebut yang mencatat semua hal buruk yang pernah terjadi dalam hidupnya di atas pasir. Ia berharap jika angin tiba, catatan tersebut terhapus dan terbawa oleh angin gurun. Sementara ia akan selalu mencatat hal-hal yang baik pada prasasti yang diukir dengan pahatan kebaikan pula. Ia pun berharap dengan mencatat segala kebaikan pada prasasti, ia akan selalu mengenang kebaikan orang-orang pada dirinya hingga kapan pun.”

Betapa leganya hati kita karena sudah mempersiapkan diri dengan baik sebelum memasuki bulan Ramadhan. Jika semua hajat sudah dipenuhi, sekarang kita tinggal merancang target-target amalan harian yang nantinya kita kerjakan selama bulan Ramadhan.

2 thoughts on “Apa saja yang harus dipersiapkan menyambut RAMADHAN?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s