WOW! Ada Tempat Bersemedi Patih Gadjah Mada di Madakaripura!


Prolog:
Well, selamat datang tahun 2013! Saya sudah lama sekali tidak berkunjung dan mengisi blog senjaPELANGI yang sama-sama kita cintai. Saya berdoa, semoga impian dan cita-cita kita di tahun ini terwujud. Yeay!

Ayo acungkan tangan kalian! Siapa yang paling ke sering berpetualang ke wisata air terjun? Atau dalam bahasa Sunda lebih dikenal dengan curug? Siapa? Siapa? Sudah berapa kali? Mmm, pasti banyak sekali dari kita yang sudah berkunjung untuk melihat keindahan yang spektakuler dari air terjun yang ada di Indonesia. Kita beruntung sekali! Pasalnya di Indonesia, mata kita akan sangat sering dimanjakan dengan banyaknya variasi air terjun yang menawarkan pesona yang berbeda-beda. Sepakat?!

Nah, kali ini saya ingin mengajak sahabat senjaPELANGI untuk menyimak dengan seksama dengan konsentrasi yang sekhidmat-khidmatnya tentang salah satu air terjun di Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Lumbang, Probolingo.

Taraaaa!!

Perkenalkan nama air terjunnya adalah air terjun Madakaripura. Nah, air terjun Madakaripura ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bagi sahabat SP (singkatan SenjaPelangi) yang sedang berkunjung ke gunung Bromo dan bingung selepas dari Bromo hendak ke mana; air terjun Madakaripura sangat layak untuk dikunjungi.

Saya berkunjung ke air terjun Madakaripura tanggal 14 November 2012 bersama teman-teman kantor saya di Surabaya. Untuk sampai ke tempat tujuan, sahabat SP hanya perlu menempuh jarak sekitar 20 menit menggunakan kendaraan pribadi, bus pariwisata, dan motor. Sejauh pengamatan saya menuju lokasi wisata, memang tidak ada rute angkutan umum ke sana. Namun, sahabat SP harus waspada ketika kendaraan melaju karena ruas jalan ke sana tidak terlalu lebar dan di sisi kanan jalan ada jurang yang sebetulnya tidak begitu curam namun tetap harus berhati-hati.

Nah, saat sahabat SP tiba di lokasi, mungkin Anda akan berpikiran bahwa objek wisata air terjun Madakaripura tidak begitu spesial. Eitss tunggu dulu! Jangan patah semangat! Memang, nampaknya kawasan air terjun Madakaripura ini tidak begitu dikelola dengan baik sehingga kita masih sering menjumpai sampah-sampah yang berserakan di jalan, bangunan yang dicoret-coret tangan jahil, dan tata kelola parker yang berantakan. Ups saya lupa berapa harga karcis masuk air terjun Madakaripura. Seingat saya tidak terlalu mahal. Mungkin sekitar 5ribu rupiah. Hehe saya lupa.

Sebelum masuk lebih jauh untuk mengetahui di mana air terjun Madakaripura, sahabat SP akan melihat patung Patih Gadjah Mada yang sedang duduk bertapa dengan posisi tangan yang terlipat di dada. Jangan lupa ketinggalan untuk mengambil gambar di spot patung Patih Gadjah Mada ya!

Foto bareng dengan patung Gadjah Mada (Maaf agak usil ya om). Sumber: koleksi pribadi
Foto bareng dengan patung Gadjah Mada (Maaf agak usil ya om). Sumber: koleksi pribadi

Oke kawan! Saatnya kita berpetualang! Siapkan stamina yang baik, air minum secukupnya, dan jangan lupa untuk membawa kamera. Sudah siap? Oke mari kita hiking!

Sahabat SP, perjalanan menuju air terjun Madaripura akan ditempuh sekitar 1 jam. Waktu yang cukup lama bukan? Tapi saya yakin ini perjalanan yang sangat menyenangkan. Kita akan mengarungi sungai dangkal berbatuan, melewati tebing-tebing tinggi, menelusuri reremputan hutan yang hijau, dan melewati jembatan kecil yang menantang. Tidak hanya itu, sepanjang perjalanan, kita akan ditemani dengan alunan musik merdu bergenre klasik yang langsung dinyanyikan oleh burung-burung kecil di hutan kawasan air terjun Madakaripura. Bagaimana? Spektakuler bukan?

Tetesan keringat yang membasahi tubuh kita, rasa pegal yang berasal dari otot-otot kaki, dan mental yang mulai melemah akan segera dibayar lunas dengan pemandangan air terjun yang terlihat di antara semak belukar. Kita pun akan bersemangat untuk menyelesaikan petualangan kita menuju lokasi air terjun Madakaripura.

Bunga-bungan di sepanjang jalan menuju air terjun. Sumber: koleksi pribadi
Bunga-bungan di sepanjang jalan menuju air terjun. Sumber: koleksi pribadi
Jernihnya air sungai di sana
Jernihnya air sungai di sana

Horeeee! Kita tiba juga di air terjun Madakaripura. Teman-teman akan diajak untuk memasuki semacam ruangan yang besar di antara tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi vegetasi hijau; kemudian ada tiga air terjun yang menetes secara perlahan; dan ada semburat cahaya yang terpancar dari atas. Konon kata pemandu wisata di sana, air terjun yang jatuh menghasilkan nada-nada yang berirama dan harmonis. Namun saat itu saya tidak terpikirkan untuk mendengarkan alunan nada dari tetesan air terjun Madakaripura.

Pesona salah satu air terjun Madakaripura
Pesona salah satu air terjun Madakaripura
Tebing tinggi yang hijau
Tebing tinggi yang hijau

IMG_1440

Untuk melepas penatnya kaki yang sudah berjalan cukup lama, ada baiknya sahabat SP untuk merendamkan kaki terlebih dahulu sembari melihat pemandangan alam yang memesona. Air terjun yang segar seketika akan melenyapkan rasa penat kaki kita. Penasaran? Silakan dicoba. Setelah cukup puas merendamkan kaki, menikmati pemandangan, dan berfoto-foto di sekitar tiga air terjun; silakan menuju ke air terjun utama yang berjarak beberapa meter saja. Jika sahabat SP siap basah-basahan, silakan coba untuk berdiri tepat di atas air terjun. Barangkali bisa menjadi alternative untuk pijak refleksi alami. Segarnya!

Di sisi kanan air terjun, sahabat SP akan melihat sebuah ruangan seperti goa. Konon kata pemandu wisata setempat, ruangan dari baru tersebut dulunya menjadi tempat bersemedia Patih Gadjah Mada. Oleh sebab itulah dinamakan air terjun Madakaripura. Madakaripura adalah nama tanah perdikan yang dimiliki mahapatih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit.
Bagaimana? Air terjun Madakaripura menarik bukan? Silakan kunjungi dan cintailah wisata nusantara!

IMG_1465

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s