Apaidemu.com: 1 Bulan, 1 Karya Sastra


A-Love-For-Literature

Bagi sebagian orang, sastra mungkin adalah sebuah minat atau passion yang kurang menarik. Parahnya, banyak generasi muda Indonesia yang tidak mencintai sastra. Mereka lebih tertarik dengan teknologi, kesehatan, lingkungan, politik, dan sebagainya. Sebetulnya sah-sah saja bahwa setiap orang berhak dengan pilihan minatnya. Namun yang menjadi permasalahan adalah, mengapa sastra seakan dikucilkan atau bahkan tidak menjadi kebanggaan dari anak muda Indonesia?

Hal tersebut barangkali dilatarbelakangi kurangnya informasi berkaitan dengan dunia kesusastraan. Banyak anak muda Indonesia yang menilai bahwa sastra itu adalah sesuatu yang klasik, hanya fiksi, dan tidak memberikan peran yang berarti bagi mereka. Bahkan di dunia pendidikan sendiri, sastra semakin dianaktirikan. Hal tersebut terbukti dari kurangnya antusias siswa ketika membahas sastra dan karya-karya sastra seperti cerpen (cerita pendek), puisi, novel, roman, dan juga film.

Sastra seakan tidak menjadi sebuah hal yang mahal di Indonesia. Padahal di negara-negara maju seperti Inggris sastrawan dan karya-karyanya sangat dihargai. Sebut saja salah seorang sastrawan Inggris yang sangat tersohor di seantero dunia William Shakespeare. Banyak karya monumental yang lahir dari jemari Shakespeare, sebut saja kisah cinta abadi “Romeo and Juliet”. Tidak hanya itu, di Inggris sendiri studi “Liberal Art” sangat diminati oleh anak-anak muda di sana. Tidak hanya itu, manuskrip sastra terjaga baik dan senantiasa dipelajari oleh generasi muda di sana. Sementara bagaimana dengan di Indonesia? Miris.

Andai semua anak muda Indonesia mau meluangkan sejenak waktunya mengenal sastra, saya yakin akan sangat banyak anak muda Indonesia yang tertarik untuk sekadar mengenal atau bahkan lebih jauh mempelajari lebih dalam tentang sastra.

Sastra bukan sebatas karya imajinatif seseorang. Lebih dari itu, sastra itu memanusiakan manusia. Hal tersebut tertuang dalam sebuah pesan singkat yang saya terima dari teman saya. Isi pesannya adalah, “Filsuf memahami dunia. Ilmuwan kemudian mengartikannya. Cendekiawan mengubah dunia. Tetapi apa yang didapat dari sastrawan dan seniman sejati? Mereka akan setia bersamamu kawan. Dengan sastra, kau akan mampu merasa dan memberi arti pada makna.”

Bicara sastra, kita akan diajak untuk lebih mengenal arti kehidupan yang sesungguhnya. Percayalah kawan!

*Ini gagasan saya ketika mengikuti lomba apaidemu.com yang diadakan oleh PertamaxšŸ˜‰ Tapi sayang, ga menang. Ha2x ;D

3 thoughts on “Apaidemu.com: 1 Bulan, 1 Karya Sastra

  1. i love literature very much, tapi emang sih mas, dulu waktu aku masih kecil, maybe aku dan keluargaku doang yang cinta ama sastra, sampai saat ini maybe masih sama. Jadi kalo bahas buku atau segala hal soal sastra maupun seni aku lebih “klik” sama keluarga, karena kami memang pecinta dan pelaku sastra.

    Nice Post, dan paradigma Mas Achyar soal sastra keren…

  2. Tapi ironisnya di Indonesia, sastra terpinggirkan. Padahal di Eropa dan Amerika, sastra itu “mewah” karena menurut ilmu filsafat, sastra adalah salah satu jalan mencari kebenaran @kenulinnuha

  3. Yupzz betul sekali, sastra bikin hidup lebih hidup, pemikiran mas Achyar seperti Bapak, sastra solusi bagi peradaban. Maybe krn di Indonesia sastra g precious, kebanyakan dr mrk pun bnyk yg g ngerti sastra.

    Banyak orang cinta sama sastra, tpi hanya sbg eksistensi dan cara mencari uang bukan passion apalagi dari nurani yg tujuannya ke Allah. Orang yang berkarya untuk eksistensi itu banyak, tapi yang tujuannya ke Allah itu ga banyak. Dan cara terbaik mencintai sastra ya bikin karya yang tujuannya ke Allah. This is my opinion sih.

    Hmm.. Filsafat? Really? Tulisan2mu bagus Mas.. Secara diksi tepat dan keliatan kutu buku beratšŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s