Menghapus Memori


Jakarta, (Rabu, 2 Mei 2012)

Andai otak sama halnya seperti perangkat memori PC atau USB, apa yang akan kau lakukan?

Kalau aku, aku akan membersihkannya menggunakan anti virus terbaik dan tercanggih saat ini. Mungkin, ada sejenis virus Trojan yang bersarang di dalam otakku. Atau mungkin, ada virus yang lebih harmful. Jika iya, maka aku tidak akan ragu-ragu untuk menghapusnya. Aku tidak akan mengquarantine virus-virus tersebut. Aku akan langsung menghapusnya, tidak bersisa satu pun. Dan jika sudah, aku ingin sekali lagi memastikan bahwa tidak ada satu pun virus yang masih bersarang di otakku. Jika sudah tidak ada lagi, aku akan melakukan scanning secara mendalam pada seluruh bagian otak. Otak kanan, otak tengah, dan otak kiri. Jika sudah, aku akan melakukan check terhadap bagian memori yang error. Kemudian, aku akan mendefragment untuk memulihkan bagian komponen otak yang bermasalah atau nyaris akan bermasalah. Setelah itu, aku akan melihat apa yang ada di dalam otakku.

conscious (source: google)

Waw! Banyak sekali kenangan yang tersimpan dengan baik di sana. Kemudian, untuk memudahkan penelusurin, aku akan menthumbnail file-file tersebut. Hingga akhirnya aku bisa memilih, mana kenangan yang harus dihapus dan mana yang harus diback-up di tempat terbaik. Kenangan yang sudah terhapus tadi, akan kuhapus ulang di folder recycle bin. Aku hanya memastikan, tidak ada yang merestore kenangan tadi untuk kemudian kembali ke dalam otakku. Dan aku pun sekarang hanya menyimpan kenangan-kenangan baik saja. Aku pun tidak akan pernah ingat bahwa ada kenangan buruk yang pernah aku alami.

Ah, andaikan otak seperti itu. Tapi bagaimana mungkin. Otak tidak akan bisa disamakan dengan seperangkat memori PC atau USB. Karena otak memiliki kompleksitas yang tersusun dari milyaran sel syaraf yang menghubungkan kita dengan memori terdahulu. Atau mungkin, ada cara yang masuk akal untuk melakukan apa yang kubilang tadi?

Hm, baiklah.

Leave a Reply

