Diary Anak KKN Unpad :)


Jakarta, 03 March (15.03)

Repost catatan harian KKN kami, barudak Tanjungjaya pada tanggal 1 Juli 2010

Selamat Datang di Tanjungjaya.. ;p (Jakah featuring Nurida)

Image

by Nurida Sari Dewi on Friday, August 13, 2010 at 7:34am ·

Kamis, 1 juli 2010

Desa Tanjungjaya, Rajadesa, Ciamis.

Ini adalah hari pertama kami menjajaki tanah Tanjungjaya.

Setelah mendapatkan penyambutan oleh camat Rajadesa, kami langsung menuju ke rumah yang akan kami tempati nantinya. Ada dua rumah terpisah yang kami tempati, dan letaknya tidak begitu jauh. Singkat kata, ada banyak cerita dan pengalaman hidup yang kami lalui bersama. Hal-hal itu membuat kami (mau tidak mau) paham akan karakter masing-masing individu.

Dan.. inilah kami.. 16 orang luar biasa!

1. JANAKAN NAIDU

Bocah berperawakan tinggi, atletis, berotot, dan senang olahraga ini sebenarnya adalah calon dokter yang berkemanusiaan dan berkeadilan. Jay adalah nama panggilannya (dan kami rasa dia senang-senang saja dipanggil seperti itu). Senang membantu dan menghargai prinsip orang lain adalah ciri khasnya.

Dia senang melakukan apa saja. Dimulai dari membuka kaleng sarden dengan pisau, menjadi wasit untuk pertandingan voli, memasang plang jalan, mengajar anak-anak madrasah, dan menjaga rumah. Satu hal yang akan selalu kami ingat dalam benak, jiwa, dan raga kami… Janakan merupakan satu dari enam belas orang yang sangat hobi menelpon.. Yeah, Mr.RingRing…!

Tapi secara keseluruhan, Jay adalah pribadi yang menarik dan menerima segala sesuatu dengan senang hati dan tidak mengeluh (meskipun dia adalah salah satu teman yang paling sering terkena gossip di kelompok kami). Dia juga mau belajar apapun yang menurutnya adalah hal baru. Semangat Jay.

2. VIVEK JASON

Jason panggilannya. Sama seperti Jay, dia adalah calon dokter (gila?). Penampilan luarnya boleh saja pendiam dan nampak seperti bocah penurut, tapi ternyata oh ternyata..kami salah BESAR ! Setelah bersama-sama sekitar 30 hari, kami baru tahu ternyata Jason memiliki tingkat keisengan yang luar biasa. Walaupun demikian, dia bisa mendengarkan orang lain dengan baik dan tahu bagaimana cara menghargai orang lain yang ada di sekitarnya.

Jason memiliki tingkat kemampuan bahasa Indonesia yang cukup baik. Kata-kata yang sempat dimotori olehnya selama KKN ini adalah “BRO”. Pernah pada suatu masa ketika kami mengadakan penyuluhan sikat gigi dan cuci tangan di Sekolah Dasar, Jason mengucapkan sebuah mantra yang menyihir semua orang.. dia yang biasa memanggil orang-orang dengan kata “BRO” keceplosan memanggil Bu Guru dengan kata: “BRU”. Nice gan! Perpaduan antara BRO dan BU yang sempurna!

Meskipun terkadang ada saja kata-kata atau kalimat yang keluar dan terucap olehnya secara spontan (dan kadang dia tidak paham apa artinya), tapi dia memiliki hati yang peka dan tidak ragu untuk langsung meminta maaf jika dia rasa itu sudah kelewatan. Sama seperti Jay, Jason adalah makhluk yang menerima segala sesuatu dengan hati lapang dan dengan mudahnya dia bisa memaklumi itu. Bravo yeah!

3. MAHFUD ACHYAR

Pria berkacamata dan bertubuh tinggi semampai ini adalah tipikal orang yang ceria dan gampang sekali ketebak emosinya. Meskipun dia dan tiang listrik memiliki pertalian darah yang kuat, namun Achyar adalah orang yang sangat suka rapat (bisa dibuktikan dari sikapnya yang sangat diplomatis saat rapat).

Satu lagi, kita bisa tahu dia sedang merasa sedih atau senang dari mimik wajah dan tingkah lakunya. Achyar adalah orang yang bisa menikmati hidupnya dengan caranya sendiri dan dia akan memperjuangkan apa yang menurut dia benar sekalipun itu beresiko. Dari beberapa teman lelaki lain yang ada di kelompok kami, dia adalah orang yang sangat rajin (beres-beres rumah) dan cekatan dalam melakukan sesuatu. Semua hal yang akan dia lakukan seperti sudah terkonsep dalam kepalanya. Untuk ke depannya mungkin Achyar bisa diproyeksikan menjadi salah satu kandidat presiden negeri ini.. Ganbatte achyar !

 4. YUDI NUGRAHA

Nama sebenarnya adalah yudi, namun entah karena apa dia lebih senang kalau kami memanggilnya IDUY. Riset telah membuktikan kalau dia sebenarnya adalah titisan ARIEL peterpan. Dan dia pun seperti malu mengakui kebenaran itu. Pria berwajah ganteng ini adalah salah satu orang yang bisa dengan mudah bergaul dan menyatu dengan warga desa dalam jangka waktu yang cepat. Entah lah apa yang menyebabkan hal itu terjadi. Dari delapan lelaki yang ada, dia menjadi idola para wanita di desa kami (mungkin kemiripan dengan ariel yang membawa dampak seperti itu).

Walaupun perawakannya mirip Ariel, tapi Iduy sangat susah dibedakan dengan penduduk desa. iduy sangat doyan lagu dangdut, bahkan dia tega menodai laptop teman kami dengan playlist lagu dangdut yang mengguncang dunia.. iduy2.. semoga suatu saat impianmu menjadi dangdutstar terkabul..

Satu lagi, meskipun terkesan tidak peduli dengan sekitar, iduy adalah orang yang mau berteman dengan siapapun dan tidak mudah tersulut emosi. Dalam keadaan emosi pun dia masih bsia terlihat tenang dan nampak senang-senang saja. Apa adanya adalah ciri khasnya. La Bamba iduy !

5. TRIYANTO

Percayalah kalau dia adalah seorang lelaki tulen. Hanya rambut panjangnya saja yang terkadang menipu. Namun, dia tidak keberatan jika kami memanggilnya dengan sebutan ‘mama’. Kami memanggilnya demikian bukan karena tanpa alasan yang tdiak masuk akal. Sifatnya yang keibuan, peka terhadap sekitar, gaya bicaranya yang sopan santun dan penuh kelembutan, serta rambut hitam panjangnya, adalah alasan kami memanggilnya seperti itu.

Triyanto, panggil saja dengan bob..atau bobby..atau mama ibob..adalah pria..(sekali lagi kami tekankan disini kalau dia adalah PRIA) yang penyabar dan tidak mudah mengeluarkan emosinya atau apa yang dia rasa saat itu. Tertutup namun penyayang adalah sifatnya. Dia adalah orang yang mau membantu dan melakukan apa saja selama ia bsia dan mampu. Karena itu kami sayang padanya. Love yaaa mama ! keep rockin’ mama!

6. DEWI SITI RUKAYAH

Wanita bertubuh mungil dan penuh ekspresi ini adalah orang yang ceria dan tidak bisa menyembunyikan apa yang dia rasa., termasuk saat dia diusir secara paksa oleh teman tidurnya,yakni PIPIT (pergi sana..geser..)

Dia sebenarnya adalah wanita yang bijak, hanya saja tingkah lakunya yang terlihat seperti anak kecil. Setelah bersama selama tiga puluh hari, kami tahu kalau dia adalah pecinta berat lagu trouble is a friend by Lenka. Namun dia selalu mengelak dan berkata..”gue kan fansnya peterpan dan linkin park”.

Dewi adalah wanita yang sangat spontan dan beradaptasi dengan lingkungan memakai caranya sendiri. Semua bahan makanan kalau ada di tangannya pasti menjadi sebuah masakan yang luar biasa. Satu hal yang akan terpatri di hati kami.. dewi sangat khas dengan masakan BALADO-nya. Keep spirit dewi !

7. ANITA YANUARINI

Wanita ini sangat pendiam jika kita belum kenal dengannya lebih lanjut. Sepertinya di dunianya hanya ada Handphone nokianya dan dirinya sendiri..dan seseorang yang entah ada di sana, sbut saja Ayay m3. Penilaian ini tidak sepihak. Kami menilai demikian karena dalam keadaan dan kondisi apapun..dimanapun kapanpun..dia nampak tidak bisa lepas dari handphone miliknya itu. Kalau kata pepatah..’dunia hanya milik kau dan aku’. Yah begitulah kira-kira.

Namun secara umum, Anita adalah pribadi yang menyenangkan dan menenangkan. Dia bisa dan mau melakukan apapun meskipun itu bukan tugasnya. Wanita paling rajin yang ada di kelompok kami. Dimulai dari memasak, mencuci peralatan masak, dan membersihkan rumah ketika tujuh wanita lainnya sedang sibuk dengan aktifitasnya masing-masing. insyaAllah dalam waktu dekat ini, Anita akan membuka usaha lotek di Cikadut.. semoga impianmu terkabul duhai anita.. Miss you nita !

8. WISNU AGUNG PRATAMA

Jika melihatnya sekilas dalam beberapa kali pertemuan, kita pasti akan menilai kalau dia adalah orang yang pendiam. Itu dengan mudah bisa dilihat dari wajah, cara bicara, dan tingkah lakunya. Wajahnya yang tidak ada ekspresi, gaya bicara yang seadanya, dan tingkah laku yang seadanya pula. Entahlah, ada apa denganmu wisnu? Hehehe..tapi ternyata oh ternyata , hal itu tidak sepenuhnya benar. Salah satu sifatnya yang kami tahu betul adalah Kejayusannya. Tapi justru hal itu yang membuat dia menyenangkan. Jika diteliti lebih lanjut, dia senang sekali mengajari dua anak Malaysia yang ada di kelompok kami kosakata baru atau kosakata pergaulan sehari-hari yang sering diucapkan oleh warga bandung setempat (yang semoga saja itu adalah kosakata yang terpuji.amin).

Selain itu dia adalah orang yang sering mengaku-ngaku kenal dengan banyak orang..misalnya saja si kecebong (yangs empat ia tulis di status Facebooknya), si ifa (anak humas teman efwan), ken (anak jurnalistik), dan caca (anak kedokteran). Dan tidak ada satu pun nama diatas yang notabene anak fapet. Pria ini sangat tertutup dan gampang sekali terbawa mood. Meskipun pendiam, ternyata dia sangat bangga dengan fakultasnya. Dan tak jarang dia senang menyanyikan lagu fapet unpad jatinangor. Good Boy. Jayalah Wisnu !

9. ZAKIAH RAHAYU

Zakiah rahayu.. adalah seorang muslimah dengan berbagai macam bakat. Mulai dari bakat menguleg sambel menggunakan kaki, sampai bakat bermain voli dengan telepati. JAKAH,ZACK,JEK adalah panggilannya.. bisa juga kita panggil dia ukhti zakiah.. silakan pilih dengan jawaban yang paling benar!

Survey membuktikan, Jakah adalah satu dari delapan orang wanita KKN Unpad yang paling dewasa. Sepertinya semua masalah dia hadapi dengan kepala dingin dan hati panas.lho?

Jika diadakan KKN Idol, mungkin Jakah adalah saingan terberat Iduy. Yap benar sekali, Jakah memiliki banyak fans di tanjungjaya, mulai dari kalangan anak-anak sampai kalangan om2.

Meskipun jakah selalu menmpati ranking ke-7 dalam urusan mandi, namun untuk urusan dempul, jangan main2 dengan dia.. bahkan menjelang tidur pun dia akan berdempul ria! Oh nwo! Terakhir.. dengan segala ke94Ulan jakah, dia berhasil menyabet gelar tersupel diantara kami. Lanjutkan Jakah!

10. FAUZAN EFWANDA

Lelaki yang akrab disapa efwan ini adalah seorang yang sangat provokatif di kelompok kami. Ada banyak ide (bulus?) kreatif yang ada di kepalanya..dan dengan mudahnya dia mampu mewujudkan apa yang ada di kepalanya dengan caranya sendiri. Dia adalah tipikal orang yang tdiak mau membuat keadaan yang sudah susah menjadi makin susah. Jika terjebak dalam situasi seperti itu, semaksimal mungkin dia akan mencari penyelesaian yang lebih mudah.

Efwan memiliki benda terfavorit bagi kami, yaitu MOTOR. motor Efwan  inilah yang akhirnya membawa beberapa orang diantara kami bertualang ke pasar dan daerah-daerah lancongan lain. terima kasih efwan..jasa motormu akan kami kenang selalu dalam hidup kami..

Efwan memiliki gaya bicara yang khas dan mau mendengarkan orang lain. Tidak bisa diam di satu tempat dan selalu mencari kegiatan yang bisa menyenangkan hatinya. Ada saja yang dia kerjakan. Entah itu ke Curug tujuh bersama iduy, bersepeda motor ke kota ciamis sendirian, bahkan pernah suatu ketika dia pergi ke Tasikmalaya hanya untuk melihat Mall yang ada disana dan membeli KFC. Terima kasih Efwan. Kalau urusan senang-senang, cari saja efwan. Meskipun demikian, dia cukup bertanggungjawab dengan tugas yang dia kerjakan. Dan dia pun mencoba total di dalamnya. Cerioo Efwan !

11. ANDINI PATRICIA

Wanita kelahiran 1990 ini mengaku masih muda diantara kami berlima belas. Miss gadget adalah julukan kami untuknya. Meskipun dari wajah, dia seperti tidak bersahabat, namun sebenarnya hatinya baik juga..yah tergantung mood sebenarnya. Dengan tidak ragu-ragu dan tidak jemu-jemu, dia selalu mengizinkan kami bersenang-senang dengan gadgetnya yang kami sebut “mainan bersama”. Semoga amal ibadahmu dicatat Tuhan, Dini. Amin.

Moody adalah ciri khasnya. Suasana hatinya bisa berubah kapan saja dan kami gak bisa berbuat apa-apa kalau dia sudah seperti itu. Dia adalah wanita yang tegar. Hal ini terbukti karena tiap malam dia tidak pantang menyerah memompa kasurnya anginnya (dan percayalah ini butuh tenaga super). Dia memang superwoman. Jika anita selalu autis dengan handphonenya, dini lain lagi. Dia tidak bisa lepas dari Blackberry dan Ipod nya. Yeah. Meskipun terkesan manja, namun dia sangat penyayang dan peduli dengan orang terdekatnya. Maju terus Dini ! Jangan lupa mandi ya din..

12. DWI CAHYO AKBAR

Sapa dia dengan sebutan KORDES, karena memang dia adalah kordes kami.hehe. Cahyo adalah tipikal perasa luar biasa. Lembut sekali hatinya meskipun penampilan luarnya tidak selembut itu. Bisa mendengarkan orang lain dengan baik dan menimpalinya dengan baik pula. Jangan tertipu dengan wajah polosnya karena dia jauh dari kata itu. Mantan vokalis ini ternyata memiliki penyakit encok akut. Tapi walau demikian, dia senang sekali bermain tindihan bersama tujuh lelaki lainnya yang bertubuh tambun. Cahyo tidak mudah mengeluarkan emosi yang dia rasa (lebih senang dipendam dalam) hehe.

Meskipun dia selalu salah menyebut nama temannya (contoh: BOB menjadi ADIT, PIPIT menjadi INDAH) tapi dia termasuk orang yang sangat perhatian dengan teman-temannya (kecuali dalam hal nama itu..)

Oya, satu hal yang akan selalu kami ingat.. pada suatu waktu Cahyo sukses membuat anak bapak pemilik madrasah menangis di hari pertama kami launching program mengajar di madrasah.. Well Cherioss Cahyo !

13. NURIDA SARI DEWI

Wanita berwajah polos ini ternyata kelakuannya juga polos. “Nuni” begitu kami memanggilnya..dan dia pun akan menoleh dan berkata..”Aku putus asa..”. entahlah apa makna dari kalimatnya itu. Kami pun putus asa mencari tahu jawabannya. Selain itu kami mempunyai julukan lain untuknya, yaitu “MISS NGANU”. Hal ini terjadi karena pernah suatu kali disela-sela rapat, dia menceletukkan kata “nganu”. Dan sontak kami pun terpana. Dan mulai saat itu dengan segenap persetujuan kelompok, nurida resmi menjadi miss nganu.

Nurida adalah wanita yang penyayang (apalagi dengan anak-anak kecil), sifatnya yang keibuan (tapi tetep tidak bisa mengalahkan keibuan mama bob), rajin beres-beres rumah, dan senang memasak. Ada hal lain yang bisa dicermati dari nurida. Dia sangat senang membeli sandal baru. Menurutnya sandal itu harus dipakai sesuai kebutuhan. Ada sandal untuk ke kamar mandi, sandal untuk di dapur, sandal untuk menjemur pakaian, dan sandal untuk di dalam rumah. Subhanallah. Sungguh nurida, engkau telah memakmurkan penjual sandal jepit. Lilippooo Nurida !!

*meskipun begitu..nurida merupakan salah satu orang yang lucu dan keren bagi kami..

14. LIA AMALIA ULFAH

Wanita berdarah ciamis ini adalah orang yang sangat bijak. Bisa mengatasi sesuatu permasalahan dengan kepala dingin. Setelah ditilik lebih dalam lagi, ternyata sifatnya tidak seserius wajahnya. Lia yang notabene sangat bangga dengan sandal rematik yang ia beli di pasar Rajadesa ini ternyata sangat hobi memasak. Bahkan ia secara sengaja niat mencari resep masakan dan menulisnya di buku catatan kecil. Lia sering dipanggil ‘nini lia’ ini ternyata sangat membaur dengan siapapun.

Dia adalah pendengar yang baik. Dan jika ia merasa ada sesuatu yang mengganjal hatinya, tidak segan ia langsung menyelesaikan masalahnya itu. Dari tigapuluh hari ini, kami sepakat memproyeksikan dia menjadi ibu madrasah! Percayalah dia sangat berbakat mengatur! Yooo man Lia !!

15. INDAH SEPTIANA DEWI

Wanita semampai ini sangat aktif, cerewet, dan lincah. Entah karena dia asli lampung atau karena porsi makannya yang banyak, yang menyebabkan dia menjadi seperti itu. Dilihat dari wajah, kita pasti menilai indah adalah gadis sadis nan jutek. Namun seiring dengan perjalanan waktu, dia adalah penggembira dan susah ditebak suasana hatinya. Moody. Dia adalah wanita yang dewasa dalam menentukan pilihan dan langkah yang akan diambil.

Gadis lajang penyumbang beras kelompok KKN ini mempunyai kebiasaan menyetel lagu atau video korea setiap saat, setiap waktu, dan setiap masa.. ooohh.. nwoooo! Indah akan diam jika terjebak dalam Susana yang tidak sesuai dengan hatinya.

Musuh bebuyutan Indah selain anak madrasah yang sempat membuatnya stress tingkat dewa, juga teman KKN dia sendiri yaitu.. Nurida Sari Dewi Soekarnoputri, namun sebenarnya kami yakin kalau mereka berdua saling sayang seiya sekata. Heyho Indah !!

16. FITRIA FARHATIN NISA

Jika ada dua hal yang kami ingat tentang Pipit (begitu kami memanggilnya) adalah warna pink dan kaca. Itu adalah hal yang menurut kami sangat pipit sekali. Yeah. Dan satu hal lagi, pipit adalah orang yang bisa saja tiap menit mencari barang-barangnya yang kami yakin tercecer entah dimana, di tiap sudut rumah. Maka jangan heran kalau secara tiba-tiba dia berkeliling rumah dan melontarkan kalimat ..” ada yang ngeliat kaos kaki pipit gaaakkk?” dan kami pun terdiam. Hiphip horayy pipit !!

Dan ada satu hal yang kami pelajari selama disana, DON’T JUDGE THE BOOK BY IT COVER. Karena memang penampilan bukan segalanya. Bisa jadi itu menipu. Tidak lebih dari fatamorgana. Dan kisah tanjungjaya berakhir indah selamanya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s