Namanya, Arsya Hakam Mulia


Kawan, apa yang akan kau pikirkan dan apa yang akan katakan, jika sepasang suami istri meminta dirimu untuk memberi nama untuk anak mereka? Lebih-lebih nama yang mereka pinta untuk anak pertama mereka? Sementara, siapa dirimu? Seorang mahasiswa yang berusia 22 tahun, masih lajang, dan belum memiliki pengalaman dalam hal rumah tangga. Aha, ini sesuatu yang unik bukan?

Nice

Biasanya, orang tua akan begitu antisias untuk memikirkan dan memberi nama untuk anak pertama mereka. Jauh-jauh hari, sebelum sang bayi lahir ke dunia, orang tua berpikir keras untuk memberikan nama yang terbaik untuk buah hatinya. Apalagi untuk anak pertama. Jelas, ingin memberikan sesuatu yang spesial dan tidak terlupakan.

Pujangga asal Perancis, Shakespeare pernah berkata, “Apalah artinya sebuah nama?” Bagi dia, mungkin tidak penting. Tapi bagi saya, atau orang-orang yang berpikir filosofis, jelas menentang sekali pendapat semacam itu. Ya, karena sejatinya nama adalah doa. Sementara doa adalah kata-kata yang terindah. Maka takheran jika banyak orang tua di dunia ini berpikir ekstra keras untuk memberikan nama terbaik untuk anaknya.

Ok, back to context! I’ll repeat my question. What do you think, if were parents asked the name’s to you? “Oh, it’s so amazing! I’m so young and I had not been married”.

Well, itulah yang situasi yang pernah terjadi pada saya. Bagaimana mungkin mereka meminta nama calon bayi, sementara saya tidak mempunyai track record yang baik dalam hal “pernamaan”. Hufft.

Sontak saya katakan, “Loh, ko mintanya ke saya? Saya kan belum menikah. Baiknya yang ngasih nama itu orang tua bayi sendiri. Sekeren apapun namanya, tapi kalo tidak disematkan langsung oleh orang tuanya, pasti akan terkesan sangat biasa. Nah, ada baiknya dipertimbangkan.”

“Loh, emang ada aturannya ga boleh minta nama kepada orang yang belum menikah? Sah-sah saja kan?,” gubris si orang tua.

“Ya, tidak ada masalah sih. Oke, baiklah. Saya akan pikirkan nama yang paling oke. Oya, maunya nama seperti apa? Ala internasional, Islami, ato nama Indonesia?,” Tanya saja.

“Nama Islam aja. Biar menjadi anak yang sholeh nantinya. Amiin.”

“Oke, baiklah. Tunggu ya, sebentar lagi saya kirim namanya,” tutup saya.

Sejak percakapan tadi, saya masih bertanya-tanya, “Loh, kok bisa ya? Mereka kan orang tua, kok minta nama anak mereka ke saya? Siapa saya? Oh, mungkin karena nama saya bagus dan keren. Ah, saya selalu bangga dan sangat bangga dengan nama saya. Nama saya sungguh keren dan keren. Yeaah! Saya beruntung dan berterima kasih sekali kepada mamah dan papah yang sudah memberi nama terbaik untu saya. Uhuy, “Terjaga dengan Kebaikan”. Amiin, mudah-mudahan saya bisa mengaplikasikan etimolog nama saya itu”.

“Duh, mau dikasih nama apa ya? Nama Islami kan banyak?”

Akhirnya otak saya terdiri dari berjuta sel-sel ini berkerja dengan sangat keras. Lintasan ide bermunculan dengan sangat kompleks. Tiba-tiba terpikir tentang Asmaul Husna, nama Rasul, nama Malaikat, nama Sahabat Rasul, dan nama-nama Islam lainnya.

Tik-tik-tik. Waw, sudah hampir 15 menit saya berpikir. Tapi belum ada nama yang klop! Oke, bismillah.

Nama calon bayi itu….

ARSYA HAKAM MULIA

Bagus kan? Nama itu merupakan kombinasi nama islami dengan nama anak-anak Indonesia pada umumnya. Jika diartikan secara perkata, berikut artinya:

Arsya= singgahsana Allah diambil dari kata ‘Arsy
Hakam= salah satu sifat Allah, yaitu kebijaksanaan;
Mulia= dalam bahasa Indonesia, artinya sesuatu yang berharga.

Jadi, secara filosofis, dapat dimengerti bahwa arti nama itu adalah seorang anak yang memiliki kedudukan tertinggi, namun memiliki kemuliaan dan kebijaksanaan.

Yeah, that’s the point. I’ve found the name.

“Ya Rabb, semoga nama yang kuberikan sesuai dengan apa yang diharapkan orang tuanya. Amiin.”

Semoga kelak, ketika aku sudah menyandang status calon ayah, aku akan memberikan nama yang indah dan terbaik untuk anakku. Amiin

2 thoughts on “Namanya, Arsya Hakam Mulia

Leave a Reply

