Sejenak, Aku Menjelajahi Dimensi Diri


Kontemplasi

Malam telah larut. Banyak orang yang telah berjelajah dalam dimensi yang berbeda denganku. Sedangkan saat ini, mata ini sulit sekali diajak kompromi. Ada banyak potongan episode kehidupan yang melintas di benakku. Dan itu mengusik rasa nyamanku.

Entahlah, beberapa kejadian masa lalu tiba-tiba muncul lagi. Masa kecilku, tempat yang pernah aku datangi, tempat bermain, orang-orang yang pernah dekat denganku, dan semua itu seolah menjadi kisah balik yang sulit sekali dienyahkan.

Semuanya seakan nyata. Terlihat dengan sangat jelas dan detail. Seakan bergerak. Memaksaku untuk kembali memasuki ruang itu. Namun dimensinya berbeda. Aku tidak ingin larut dalam bayangan-bayangan itu. Dan itu hanya membuatku lemah. Tapi mau bagaimana lagi, malam ini telah menyeretku dengan paksa diriku untuk hadir lagi pada masa-masa itu.

Apalah ini namanya. Sulit juga untuk menerjemahkannya. Namun ada satu hal yang membuat dadaku sesak. Aku rindu. Rindu dengan masa-masa indah yang pernah kulewati. Rindu dengan orang-orang hebat yang pernah dekat denganku. Dan aku pun semakin jauh memasuki dimensi indah itu. Ingin sekali rasanya bertahan. Enggan menyapa kondisi sekarang yang seolah terasa berbeda.

Dan pada akhirnya pun aku takluk. Bernyanyi, bercengkrama dengan waktu yang seakan tidak pernah membisu.

Namun pada kenyataan ini hanyalah sebuah perjalanan yang tidak nyata. Dan aku harus menyudahi. Tapi rasanya sulit sekali. Ingin berteriak bahwa aku ingin lepas dari rayuan masa lalu. Jelas ini berbeda. Dan memang pada hakikatnya berbeda. Aku harus paham itu.

Tapi biarlah, biarkan aku mengenang. Jika dengan ini membuatku jauh lebih baik. Tidak masalah jika hal itu akan hanya akan menambah ketidakberterimaan. Tapi aku ingin mengenang. Setelah kita penat dengan masa kini yang menjemukan. Kini kau hadir memberikan halaman belakangmu yang luas padaku. Dan mengajakku mengelilingi keabadian. Hingga malam ini cepat berakhir.

Aku pun bisa terlelap dengan tenang.

One thought on “Sejenak, Aku Menjelajahi Dimensi Diri

Leave a Reply

