Perempuan Tua Beringharjo


dokumen priibadi
Foto ini saya ambil pada bulan November 2011 di Pasar Beringharjo, Yogyakarta menggunakan kamera handphone BlackBerry curve 8310. Dengan sedikit sentuhan editing, semoga pesan yang terkandung dalam foto ini dapat dimaknai oleh siapa pun. Saya tertarik mengajukan foto ini untuk mengikuti lomba fotografi yang dilaksanakan oleh Fosikagi Unpad yang bertema “Inspiring woman”. Foto ini sangat sederhana, diambil menggunakan kamera ponsel, bukan kamera SLR. Namun, saya ingin menceritakan siapa sosok wanita tua yang ada dalam foto ini.

Beliau adalah seorang nenek yang sudah papah. Sepintas, kita bisa melihat bahwa kondisi nenek tersebut sudah sangat lemah. Namun apakan anda mengetahui, bahwa di balik usianya yang sudah senja, beliau memiliki semangat yang takpernah habis karena usia. Foto ini saya ambil tanpa sepengetahuan nenek tersebut. Ketika tangannya yang sudah tidak cekatan mengambil beberapa buah yang ada di kantong plastic, saya pun iseng mengambil gambar nenek ini. “Buat kenang-kenangan,” gumam saya.

Mengapa saya member caption pada foto tersebut yaitu: “pagi-petang”? karena itulah interval waktu nenek tersebut di pasar Beringharjo. Rumah nenek tersebut cukup jauh dari pasar Beringharjo. Saya lupa seberapa jauh jarak yang mesti ia tempuh dari rumahnya ke pasar Beringharjo. Seingat saya, beliau berkata, “cukup jauh nak!”. Nenek tersebut harus berangkat ke pasar sebelum matahari terbit di ufuk timur supaya tidak kesiangan tiba di pasar. Dan anda tahu, apa yang ia jual di pasar? Nenek itu hanya menjual beberapa buah-buahan seperti pir, apel, salak, dan sebagainya. Jumlahnya tidak banyak, kawan. Hanya beberapa buah saja. Berapa untung nenek tersebut dari jualan buah? Tidak banyak. Dan itu tidak sebanding dengan peluh, capek, dan usianya yang sudah menua—yang seharusnya menikmati hidup di rumah bersama anak dan cucunya.

Kawan, ingin kukatakan pada kalian. Nenek itu adalah satu dari sedikit super women yang ada di Indonesia. Hanya saja dia tidak terkenal. Berjuang dalam ketidakterkenalan.
Bandung, 14 Mei 2011, Pukul 14: 01 WIB
(Arina Hidayati)

Leave a Reply

