in memorian song: pondok kecil


Tanjungjaya, Minggu (18|07) sore selepas hujan mengguyur.

Entalah, tiba-tiba aku terigat sebuah lagu yang sering kami (aku & teman2ku) sewaktu belajar di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Muhammadiyah. Kata guru kami, itu lagu nasyid. Hingga detik ini pun aku tidak tahu siapa pencipta dan yang menyanyikan lagu itu. Seingatku, lagu tersebut sangat familiar di kalangan siswa-siswa MDA. Bahkan kakak-kakakku juga hapal lagu itu.

Dan aku tidak habis pikir hingga sekarang masih hapal lagu itu. Mungkin secara tidak sadar, lagu tersebut sudah membekas di otak dan alam bawah sadarku.

Mungkinkah karena dulu, kami sering menyanyikan. Sesekali, selepas Maghrib aku dan kakakku bernyanyi bersama-sama. Kami pun larut dalam selimut sendu. Saat itu, aku juga tidak tahu mengapa kami menyanyikan lagu itu. Bagi kami, lagu tersebut sangat fenomenal dan membekas.

Dulu, takjarang tanpa disadari air mata menetes saat menyanyikan lagu itu. Makna lagu itu sangat dalam dan menyentuh. Mungkin karena dulu kami masih kecil. Jadi masih sangat perasa dan gampang menangis. Apalagi sesuatu yang berkaitan dengan orang tua. Karena bagi kami, orang tua berharga.

Di usiaku yang ke-21 tahun, tiba-tiba saja aku teringat lagu itu. Lagu yang secara sadar, aku pahami sebagai lagu yang bermakna.

Pondoknya tidak seindah ini (sumber: http://www.lostateminor.com/wp-content/uploads/2008/04/meow-cottage.jpg)

In memorian song:

Di pondok kecil
Berlampu remang
Terdengar suara
Rintih merintih

Lambai melambai
Ibu memanggil
Wahai anakku, si jantung hati

“Jagalah adikmu,
Sepeninggal ibu..
Ibu akan pergi
ke alam baka”..

Kuambil kain putih,
Ku tutup muka ibu..
Lalu kumenangis
Menatap wajah ibu..

Itulah kehendaknya,
Yang Mahakuasa
Malaikat maut, datang menjelma..

Malaikat maut,
Datang menjemput ibu..

10 thoughts on “in memorian song: pondok kecil

  1. yup, gue ingat lagu ini waktu di sd,yang nyanyi waktu itu nangis kebetulan ibunya emang udah meninggal n guru kami ikut nangis,, gak tau juga siapa peciptanya…

  2. Aq tau lagu ni dr nenek aq
    Beliau sllu menyanyikannya
    Tp setahun lalu,nenek q meninggal…..
    Jd,,skrg kl nyanyi lagu ni psti aq ingat nenek q….
    Love u nek

Leave a Reply

