Farhan: Public Speaking Itu Mudah


Menjadi seorang public speaking itu harus percaya diri. Begitulah pernyataan Farhan atau yang lebih akrab disapa mas Farhan. Karena menjadi public speaking tentunya akan berhadapan dengan orang banyak dan harus memberikan performa yang baik.

Siapa yang tidak kenal dengan sosok yang satu ini. Wajahnya tak asing lagi di layar kaca. Kerap mengisi berbagai program acara, menjadi model iklan, dan sebagainya. Namun, dari sekian banyaknya kegiatan yang digelutinya, Farhan lebih menyenangi sebagai presenter tv. Pria kelahiran 25 Februari 1970 ini merupakan alumnus Fakultas Ekonomi, Universitas Padjadjaran, Bandung tahun 1995.

(13/11/09) kemarin, ketika Farhan mengisi talkshow tentang public speaking di kampus Universitas Padjadjaran, kru interval21 berhasil mewawancarai beliau. Berikut petikan wawancara kru interval21 dengan Farhan.

Farhan

Mas Farhan, bisa diceritakan bagaimana kisah karier mas Farhan hingga bisa sukses seperti sekarang?

Saya awal berkarir ketika melamar sebagai penyiar di radio KLCBS pada tahun 1993. Eh, diterima sebagai script writer. Hingga tahun 1997, saya tidak siaran radio sama sekali. Nah, pada tahun 1997, saya baru siaran radio Mustang FM, Jakarta. Lalu, pada tahun 2004, saya pindah ke Trijaya. Tahun 2008 hingga sekarang, saya menjadi penyiar radio Delta FM di enam kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Makasar, Medan, dan Manado. Kalau karir di televisi, saya memulainya pada tahun 1994 sebagai penulis dalam acara ulang tahun Anteve. Setelah itu, saya menulis lagi untuk acara yang bernama Spesial Paket Telor bersama-sama teman dari Unpad dan satu orang dari ITB. Setelah jadi pembawa acara di RCTI, SCTV, dsb dan terus berkelana sampai sekarang.

Mengapa lebih tertarik dengan dunia public speaking?

Karena public speaking lebih mudah, lebih mudah dilaksanakan, dan lebih mudah dijual. Hehehe

Oya, selain sebagai public speaking, mas Farhan juga dinobatkan sebagai duta anti narkoba, bagaimana pandangan mas Farhan terhadap generasi muda dan narkoba?

Saya pikir, generasi muda sekarang lebih pintar karena bagaimanapun juga, people skill adalah suatu hal yang penting untuk kita. Belajar mengatakan tidak kepada narkoba. Di sini masalahnya, tahu atau tidaknya narkoba, tapi masalah mau atau tidaknya mengatakan tidak. Itu yang lebih penting.

Terakhir, apa harapan mas Farhan untuk mahasiswa terutama mahasiswa Unpad?

Mahasiswa sekarang harus lebih daripada generasi saya. Mahasiswa Unpad harus menjadi lulusan yang punya wawasan internasional, prestasi minimal nasional, dan jangan terpentok dengan berpikir seperti pia batok.

16345_1276018218934_1184328032_1833024_6113548_n
Farhan dan Pengurus BEM Unpad

3 thoughts on “Farhan: Public Speaking Itu Mudah

  1. Saya sangat kecewa dengan farhan pada waktu di Kandang jurang doang, ulang tahun majalah “anak spesial” bulan 11-2010 saya ingin anak saya berfoto bersamanya dan foto rame-rame bersama mas Dick Doang dan Wanda Hamidah . Farhan ini seolah-olah tak sudi bersama anak-anak autis, pada hal anaknya autis juga … kami sangat kecewa
    saya shaldin dari kuala tungkal – jambi

Leave a Reply

