Kebimbangan Tokoh Utama dalam Novel Dr. Zhivago dan Belenggu


51algg5x-ul
Sumber: Google

Dalam karya sastra, misalnya novel, ada unsur instrinstik yang membangun sebuah novel. Unsur instrinstik terdiri dari; alur, amanat, gaya bahasa, sudut pandang, latar, amanat, penokohan, dan sebagainya. Biasanya dalam novel, terdapat unsur instrinstik yang paling kuat atau paling membangun. Ada yang kuat dari segi latar, alur, penokohan, dan sebagainya.

Penokohan/tokoh merupakan hal yang penting dalam novel. Tokoh adalah subjek yang berperan besar dalam cerita di dalam novel. Kita sering mengenal tokoh utama dan tokoh sampingan. Selain itu, kita juga mengetahui sifat/karakter tokoh-tokoh. Ada yang dikenal dengan sebutan protagonis (perilaku baik), dan ada pula yang disebut dengan tokoh antagonis (perilaku jahat).

Pada kesempatan ini, saya akan membahas masalah penokohan dalam novel yang berjudul Dr. Zhivago dan Belenggu. Saya akan membandingkan dua tokoh, dalam dua jenis novel yang berbeda. Novel ini berbeda baik dari latar cerita, sampai unsur ekstrinstik yang membangun novel ini. Jika dalam novel Belenggu, Tono merupakan dokter Indonesia, dalam novel Dr. Zhivago, ia merupakan dokter yang berlatar belakang bangsa Barat. Tentunya kedua tokoh itu memiliki kebudayaan yang berbeda. Secara geografis saja, mereka terpisah dua benua. Apalagi jika kita bandingkan akan kebiasaan berkomunikasi, dan semacamnya.

Hal yang menarik yang ingin saya amati pada kedua tokoh diatas adalah masalah kebimbangan yang sama-sama dialami oleh Dr. Zhivago dan Tono. Secara keprofesian, mereka memiliki profesi yang sama yaitu—dokter. Selain kesamaan di bidang kedokteran, ternyata secara psikologis mereka memiliki kesamaan kondisi perasaan. Jika saya simpulkan, ada semacam perasaan yang menghimpit perasaan mereka, yaitu perasaan bimbang.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kebimbangan adalah perasaan ragu-ragu, kesangsian, kecemasan, dan kekhawatiran. Jika saya simpulkan, kebimbangan adalah kondisi dimana seseorang merasa ragu atau cemas dengan kondisi yang sedang terjadi dalam hidupnya. Setelah kita pahami definisi dari kebimbangan, bisa kita pahami bahwa, kondisi bimbang adalah kondisi yang pernah dialami oleh setiap manusia.

Dalam novel Belenggu karangan Amjin Pane, tokoh utama yaitu Tono mengalami kebimbangan dari awal cerita sampai akhir cerita. Ini terlihat dari awal cerita yang menceritakan bahwa ia menikahi seorang wanita bernama Tini hanya karena memiliki paras yang cantik, energik, dan pintar. Namun pada dasarnya, Tono sesungguhnya tidak mencintai Tini dengan tulus. Sehingga yang timbul adalah kebimbangan akan nasib cinta dan perkawinannya. Dampaknya Tono tidak menunaikan kewajibannya menjadi suami yang baik untuk Tini. Ini terbukti dari kurangnya perhatian Tono kepada Tini karena alasan kesibukannya menjadi seorang dokter. Lambat laun cinta diantara mereka pun menjadi pudar.

Selanjutnya, ketika Tono menemukan mantan kekasihnya yaitu Yah, cintanya kembali tumbuh. Padahal, Yah telah pernah mengecewakannya denhan menikah dengan lelaki lain. Akan tetapi karena Yah berusaha menarik perhatian Tono kembali. Akhirnya Tono kembali jatuh cinta kepada Yah, dan melupakan Tini. Fase ini merupakan fase yang paling membingungkan dalam hidup Tono. Ia harus memilih dua wanita yaitu Tini dan Yah. Tini mengetahui perihal perselingkuhan Tono dan Yah. Namun, ia lantas tidak gegabah bersikap reaktif kepada Tono. Tini berusaha bersikap bijak dan menerima kenyataan bahwa Tono lebih memilih Yah. Hal ini dikarenakan karena Tini tidak mampu menjadi istri yang baik untuk Tono.

Diakhir cerita, Tono—sebagai tokoh utama merasa kehilangan dua orang wanita yang pernah mengisi ruang hatinya yaitu Yah dan Tini. Hal yang senada juga dialami tokoh utama dalam novel Dr. Zhivago. Ia mengalami kebimbangan dalam hidupnya. Kisahnya berawal dari seorang anak bernama Yury Zhivago.

Ia adalah seorang anak muda yang dikirim oleh ayahnya pada paman dan bibinya yang bernama Alexander Gromeko dan Anna. Kebetulan ayahnya menanggung beban hukuman dari rekan kerjanya yang telah melakukan tindak korupsi. Pada masa belajar di lingkungan paman dan bibinya, ia jatuh cinta kepada saudara sepupunya yang bernama Tonya.

Akan tetapi, pada suatu hari ia bertemu dengan seorang wanita cantik bernama Lara Guishar. Wanita itulah yang akhirnya membuat dirinya terpesona. Namun, Zhivago baru mengetahui bahwa Lara adalah kekasih dari anak rekan kerja ayah Zhivago yang korupsi. Jika cermati, ketika Zhivago mengetahui bahwa Lara merupakan anak ‘musuh’ ayahnya, niscaya ada perasaan bimbang yang menghantuinya saat itu. Ia harus memilih dua orang wanita yang sebenarnya sama-sama dicintainya. Zhivago memutuskan untuk menambatkan hatinya kepada Tonya. Sedangkan Lara menikah dengan Pasha Antipov.

Saat perang dunia pertama sedang berkecamuk, Zhivago pun kembali bertemu dengan Lara yang saat itu bekerja sebagai perawat sekaligus tengah mencari suaminya yang hilang. Akibat perang tersebut Zhivago nmenderita luka yang cukup parah. Untungnya Lara muncul dan merawat Zhivago hingga sembuh. Selama dalam perawatan Zhivago dan Lara saling jatuh cinta. Namun sayangnya, saat perang dunia pertama selesai, Zhivago pun kembali pada Tonya. Dengan munculnya Revolusi Soviet, muncul hal tak terduga. Revolusi Soviet membuat daerah asal mereka berubah, terutama ketika Lara mengetahui bahwa suaminya tak tewas dan bahkan menjadi penguasa dari rezim baru.

7 thoughts on “Kebimbangan Tokoh Utama dalam Novel Dr. Zhivago dan Belenggu

  1. sumpah, filmnya keren bgt, awalnya gak sengaja & gak ngeh, tapi begitu nonton & lihat jalan ceritanya, takjub!! besoknya langsung browsing cari artikel yg membahas ttg film or novel dr. zhivago. kalo ada yang punya cd or novelnya mau doooonkkk… he3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s