Folklor dan Kearifan Bangsa


Folklor adalah sekelompok orang yang memiliki ciri-ciri khas yang unik sehingga dapat dibedakan dengan kelompok lainnya. Folklor diwariskan secara turun-temurun secara lisan dengan isyarat. Setidaknya, demikianlah pengertian sempit mengenai folklor.

http://3.bp.blogspot.com/
http://3.bp.blogspot.com/

Indonesia adalah negara kepulauan yang tersebar dari sabang sampai meureuke. Pantaslah bahwa Indonesia merasa begitu bangga dengan kekayaan yang ia miliki. Indonesia memiliki banyak suku, bahasa dan budaya. Kebanggan itu terangkai dalam lirik-lirik lagu yang sering dikumandangkan dibangku sekolah. Indonesia memiliki lambang negara burung garuda. Garuda merupakan kegagahan dan kewibawaan bangsa Indonesia dimata dunia. Semboyan yang berbunyi Bhineka Tunggal Ika, merupakan pemersatu dari keberagaman yang dimiliki Indonesia.

Kebudayaan Indonesia adalah satu kondisi mejemuk karena ia bermodalkan berbagai kebudayaan lingkungan wilayah yang berkembang menurut tuntutan sejarahnya sendiri-sendiri. Pengalaman serta kemampuan wilayah-wilayah itu memberikan bentuk, shape, dari kebudayaan itu. Juga proses sosialisasi yang kemudian dikembangkan dalam kerangka masing-masing kultur itu memberi warna kepada kepribadian yang muncul dari lingkungan budaya itu. (Umar Khayam: Seni, Tradisi, Masayarakat: 16).

Kekayaan budaya membuat Indonesia memiliki begitu banyak daya tarik. Daya tarik tersebut harus diperkenalkan sehingga tiap daerah bisa saling berinteraksi dan sama-sama merasa bangga. Kebanggaan tersebut tertuang pada peringatan hari-hari kebesaran seperti Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Kemerdekaan. sehingga kita bisa mengenal tari Saman dari Aceh, dari Kecak dari Bali, budaya Tana Toraja, Upacara Ngaben di Bali, Angklung di Jabar, peninggalan candi Borobudur dan peninggalan budaya lainnya.

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang kaya akan kebudayaan. Sepertinya, kebudayaan adalah sesuatu yang tak bisa dipisahkan lagi dari bangsa ini. Kebudayaan hadir sebagai salah satu identitas bangsa. Bangsa yang memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri.

Jika kita bicara masalah folklor, maka tidak akan pernah habisnya. Indonesia memiliki banyak sekali folklor yang telah berkembang dari dulu hingga sekarang. Mulai dari upacara adat, perkawinan, legenda, cerita adat, hantu, dan makanan khas di masing-masing daerah. Tentunya, semua folklor yang berkembang membuat Indonesia menjadi bangsa yang arif dan berbeda dengan bangsa lainnya. Sekarang yang jadi pertanyaan adalah masihkah Indonesia bangga dengan kebudayaan dan adat istiadatnya? Jika masih, lalu upaya apa yang telah dilakukan untuk membuktikannya? Mungkinkah, warisan masa lampau hanya menjadi kenangan? Mungkinkah kita akan melihat kehancuran kebudayaan bangsa kita sendiri?

Folklor merupakan kebudayaan turun temurun yang membedakan suatu kelompok dengan kelompok lainnya. Itu artinya, setiap daerah di Indonesia memiliki folklor yang berbeda. Mulai dari Aceh hingga Papua. Lalu, folklor seperti apa yang membedakan di masing-masing daerah? Folklor yang membedakan, misalnya ritual keagamaan, makanan, pakaian adat, legenda, mitos/mistis, dan seni musik.

Dulu, sebelum teknologi berkembang seperti sekarang, kita mengenal budaya daerah melalui mata pelajaran sejarah yang diajarkan di SD melalui ilustrasi foto. Sekarang, kita bisa menyaksikan seni budaya melalui film, bioskop dan alat teknologi lainnya.

Kebudayaan daerah, merupakan inspirasi seniman yang diekspresiakan melalui beragam media sebagai wujud sebuah karya kreatif. Pada zaman orde baru, kita sering melihat film yang mengangkat kultur daerah masing-masing provinsi. Diantaranya: fil Musang Berjanggut (Sumatera Utara), Nuansa Birunya Rinjani (Lombok), Si Kabayan (Jabar), Jeram Cinta (Kalimantan Timur), dan lainnya. Film-film tersebut sangat menonjolkan ciri khas dari masing daerah melalui kostum, bentuk rumah, dialek dan kesenian. Karya-karya tersebut lahir karena kecintaan seniman kepada budaya daerah yang ada di Indonesia.

3 thoughts on “Folklor dan Kearifan Bangsa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s