Menjadi Diri Penuh Arti


Aku bangun pukul 2.45 pagi. Kucoba mengusap mata yang lelah ini. Berusaha sadar dari mimpi-mimpi yang penuh dimensi. Aku takpernah menemukan dimensi-dimensi yang ditawarkan dalam tidurku itu. Entahlah, aku pikir itu hanya rangkaian hidup yang takjelas. Fatamorgana! Susah, susah sekali mata ini terbuka. Sepertinya setan-setan masih bergelantungan di kelopak mataku. Kupaksaan mata ini terbuka karena ku yakin ada pertemuan yang luar biasa yang kudapati setelah ini.

Perlahan, aku berjalan meninggalkan kenikmatan tidur. Hatiku berbisik bahwa sebentar lagi aku akan menemukan kenikmatan yang selama ini kucari. Kaki ini melangkah menuju kamar mandi. Kuambil air yang dingin. Kubasuh muka ini. Subhanallahu, sejuk. Seolah-olah ada jemari lembut membelai wajahku ini. Aku sudah sadar. Saatnya kurasakan nikmat itu.

Rasanya, aku ingin berlama-lama dengan-Nya. Meluapkan semua masalah-masalah yang terjadi dalam hidupku. Mengkristal bersama butiran-butiran doa yang kupanjatkan. Damai. Damai sekali. Aku mendengar semua atas izin-Mu. Aku tak ingin menjadi hamba-Mu yang kufur nikmat. Maka berilah rasa cukup itu padaku.

Belakangan ini, hari-hari kuhabiskan dengan rutinitas rapat. Seolah rapat telah menjadi rutinitas yang harus kujalani. Ya! Aku telah memilih untuk berkonstribusi tentu aku harus memberikan yang terbaik. Semoga apa yang telah kulakukan bernilai pahala. Aamiin. Aku senang berada bersama mereka. Di sana, aku menemukan keluarga. Aku belajar tentang banyak hal.

Pertama, aku mulai mengerti bagaimana memposisikan diri semestinya. Kedua, aku bisa banyak tahu sifat dan karakter manusia yang unik dan luar biasa. Ketiga, aku merasa berguna.

 

~ catatan aktivis badan eksekutif mahasiswa

Leave a Reply

