Memoles Wajah Pendidikan Indonesia


inline-dunce-new-tech-ckit

Bicara masalah pendidikan berarti bicara masa depan. Pendidikan merupakan salah satu langkah kita untuk menapaki hari esok dengan lebih baik. Bisa dikatakan bahwa pendidikan merupakan modal utama untuk membangun mimpi-mimpi pada masa depan. Manusia mengenal pendidikan ketika ia lahir ke dunia. Ketika kita mulai merangkak, berjalan, dan berlari, itu merupakan sebuah proses pendidikan yang cukup panjang. Bahkan kita harus melewati proses itu sampai sekarang. Lalu, apa sebenarnya makna pendidikan untuk kita?

Pendidikan merupakan rangkaian perjalanan hidup manusia yang harus dilalui. Dengan pendidikan, kita bisa memahami makna kehidupan dengan bijak. Kita bisa mengetahui apa yang ada di alam semesta ini. Apapun itu! Mulai dari berhitung, membaca dan menulis. Sebenarnya, tujuan dari pendidikan itu sendiri adalah ilmu. Karena dengan ilmu kita mampu merubah pola pikir kita menjadi lebih baik, mampu merubah dunia, dan mampu menjadi orang yang sukses. Namun sayang, tidak semua orang memahami bagaimana pentingnya pendidikan. Banyak orang berfikir bahwa pendidikan tidak terlalu penting. Sebenarnya apa yang membuat banyak orang berfikir klise seperti itu? Apakah karena sistem pendidikan kita (baca: Indonesia) yang salah? Atau karena pola pikir yang utopis? Dua kemungkinan tesebut bisa jadi sebagai faktor yang menghambat kemajuan pendidikan di Indonesia.

Pada tahap sekarang ini, Indonesia telah memasuki tahap pembangunanan dalam dunia pendidikan. Walaupun tampaknya dunia pendidikan di Indonesia masih sangat memprihatinkan. Namun di balik itu, dunia pendidikan di Indonesia telah mengalami sedikit peningkatan bila dibandingkan dengan dunia pendidikan yang sebelumnya. Sebenarnya masih banyak hal yang perlu di perbaiki dalam dunia pendidikan yang ada di Indonesia, antara lain sistem pendidikan yang ada sekarang ini.

Sistem pendidikan yang ada di Indonesia sepertinya perlu ada perumbakan. Dalam arti tidak merumbak untuk menghancurkan sistem pendidikan yang lama dengan mengganti metode yang baru, namun kita harus bisa sama-sama menutupi lobang-lobang yang ada dalam dunia pendidikan sekarang ini. Jika kita lihat, sistem pendidikan di Indonesia kurang berjalan dengan baik. Tepatnya sistem pendidikan di Indonesia masih buruk. Di lihat dari segi kurikulum, sistem pendidikan kita bisa dikatakan tidak konsisten.

Pada tahun 2004, sistem pendidikan di Indonesia menggunakan kurikulum berbasis kompetensi. Kurikulum ini bertujuan agar siswa dapat belajar mandiri. Namun kenyataannya, siswa dibebani dengan kurikulum tersebut. Banyak siswa yang merasa kewalahan karena setiap hari harus dipaksa menelan pelajaran. Padahal belajar itu merupakan sebuah proses yang menyenangkan. Jika proses itu di rancang dengan sistem yang menakutkan, tentunya ilmu tidak terserap dengan baik. Akibatnya, banyak siswa yang malah semakin malas, bahkan taksedikit siswa yang menyontek ketika ujian.

Jika kita berkaca pada negara maju, sebut saja Jepang, maka pendidikan di sana jauh lebih maju dan terarah. Di Jepang, siswa dididik dengan metode kemandirian tanpa ada paksaan. Efeknya, siswa-siswa di Jepang jauh lebih cerdas dan menikmati proses belajar.

Sebenarnya, pemerintah Indonesia telah berusaha untuk memperbaiki sistem pendidikan yang ada. Mulai dari merancang, merevisi, dan mengubah undang-undang pendidikan. Tapi upaya yang dilakukan belum menjadi wujud yang nyata sampai sekarang ini. Pendidikan di Indonesia masih tertinggal jauh. Bahkan Indonesia menempati posisi bawah untuk peringkat kualitas pendidikan. Lalu, siapa yang bertanggung jawab untuk memperbaiki sistem pendidikan yang ada? Apakah hanya tugas menteri pendidikan? Jawabannya adalah kita.

Kita memiliki peranan masing-masing untuk memperbaiki wajah pendidikan kita. Bukan suatu yang mustahil jika suatu saat nanti pendidikan di Indonesia, akan menjadi lokomotif percontohan pendidikan di dunia. Bahkan secara otomatis Indonesia akan terangkat martabatnya sebagai negara yang berpendidikan. Sekarang butuh waktu dan usaha yang maksimal untuk mencapai mimpi kita. Yakinlah bahwa wajah pendidikan di Indonesia akan cerah dan semakin bersinar.

Mahfud Achyar

Bandung, 28 Oktober 2008 pukul 13.13 WIB

 

 

One thought on “Memoles Wajah Pendidikan Indonesia

  1. UNTUK MENJADI BANGSA YANG MAJU MEMMANG TIDAK MUDAH .
    SEMOGA SEIRING BERGANTINYA SITEM PENDIDIKAN INDONESIA AKAN MENEMUKAN SITEMNYA SENDIRI YANG AKAN MENJADIKAN PENDIDIKAN INI LEBIH BAIK .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s